Pages

Monday, January 30, 2012

Install MPlayer & Codec Multimedia Tambahan

Secara default Ubuntu sudah menyertakan pemutar media, namun codecs multimedia belum disertakan sehingga pengguna yang baru install Ubuntu tidak bisa memutar musik apalagi film. Jika Internet sudah terhubung, maka dengan dengan sendirinya akan mencari codec yang harus diinstall. Caranya sangatlah mudah yaitu dengan memutar file multimedia kesukaan(contoh mp3), dan kemudian install. Meskipun demikian bukan berarti semua codec sudah terinstall didalamnya.

Nah salah satu pemutar yang mendukung banyak format adalah MPlayer. MPlayer seperti yang kita kenal, mendukung format MPEG 1/2/4, DivX 3/4/5, Windows Media 7/8/9, RealAudio/Video up to 9, Quicktime 5/6, dan Vivo 1/2. Audio/Video codec yang di optimalkan MX/SSE (2)/3DNow (ex). Juga memungkinkan penggunaan XAnim dan plugin codec biner RealPlayer, win32 codec dll. Fungsionalitas pemutar VCD/DVD termasuk Sub judul dan juga text subtitle. Antar muka output vodeo hampir seluruhnya di dukung, bahkan mampu mengkonversi semua file yang di dukung ke format AVI raw/divx/mpeg4 9pcm/mp3 audio), video grabbing dari perangkat V4L.

Menginstall Player dengan perintah :

sudo apt-get update

sudo apt-get install mplayer

atau juga bisa langsung ke alamat : 

apt://mplayer

Install w32 video codecs dan libdvdcss2

Untuk dukungan MWV, RealMedia dan format lainnya telah di bundel ke dalam paket w32codecs yang mana hal ini tidak tersedia pada repository Ubuntu, sehingga perlu penginstalan sendiri mengingat Lisensi dan hukum memutar DVD yang telah dienkripsi.

sudo wget http://www.medibuntu.org/sources.list.d/$(lsb_release -cs).list --output-document=/etc/apt/sources.list.d/medibuntu.list

sudo apt-get -q update

sudo apt-get --yes -q --allow-unauthenticated install medibuntu-keyring

sudo apt-get -q update

Nah  perintah berikut mungkin akan menambahkan banyak aplikasi dari Repository Medibuntu di Software Center Ubuntu kita (Ubuntu 9.10+). Namun juga pengguna akan mendapatkan crash, namun hal tersebut kita serahkan ke "bugtracker Medibuntu".

sudo apt-get --yes install app-install-data-medibuntu apport-hooks-medibuntu

Pengguna i386 silahkan install codecs dengan perintah :

sudo apt-get install w32codecs libdvdcss2

Pengguna amd64 menggunakan perintah :

sudo apt-get install w64codecs libdvdcss2

Mplayer Plugin untuk  Firefox

sudo apt-get install mozilla-mplayer

atau klik alamat  apt://mozilla-mplayer

ctt : jika semua berhasil, maka dengan membuka halaman blog ini, kita akan langsung bisa mendengarkan streaming radio Al Hidayah.




 




 

No comments:

Post a Comment